-->

Goa Gadung, Goa Tersembunyi Di Kecamatan Semin

Gua gadung adalah gua alam yang terletak dilereng perbukitan di selatan dusun nganjir, desa karang sari, kecamatan semin, kabupaten gunung kidul, provinsi daerah istimewa yogyakarta. Dari pusat kota semin berjarak sekitar 4 km ke arah timur lewat jalan raya semin - manyaran, saat sampai di pertigaan pasar kepuh ( sebelah barat balai desa rejosari)  ambil rute ke arah bendungan pakel, terus ada pertigaan ikuti jalur ke arah kerenan dusun nganjir. 

Goa Gadung, Goa Tersembunyi Di Kecamatan Semin
Berfoto Di Sekitar Goa Gadung
Akses ke gua gadung dari dusun nganjir ke gua merupakan jalan baru yang dibuka tetapi belur dicor masih tanah, dan sepanjang jalan anda dapat menikmati pemandangan dan batu - batu besar yang enak untuk dinikmati.

Gua gadung adalah sebuah gua alam yang terletak diantara lereng gunung yang diapit dan berada di lereng yang terjal diatas bukit / jurang yang terjal dan dialiri sungai yang mengalir dibawah gua. Mungkin anda akan kaget, dimana letak guanya, karena gua gadung di bagian pintu gua ditutupi tumbuhan - tumbuhan rambat khas pegunungan. 


Jika anda mau masuk ke gua, anda harus hati - hati karena harus melewati lereng terjal, tapi memacu adrenalin, tapi yang penting harus utamakan keselamatan. Ketika anda masuk anda akan kaget karena jika dilihat dari jauh pintu masuk gua terlihat kecil tapi ketika anda masuk, whoooo ternyata pintu gua besar sekali. 

Goa Gadung, Goa Tersembunyi Di Kecamatan Semin
Goa Gadung, Goa Tersembunyi Di Kecamatan Semin
Didalam gua terdapat dua lorong jika dari pintu masuk lorong sebelah kiri juga merupakan pintu masuk untuk cahaya, dan lorong sebelah kanan merupakan lorong gua gadung yang gelap. 

Jika anda mau masuk ke dalam lorong gua segera nyalakan senter, karena didalam lorong gua gadung terdapat ruang / aula yang besar tapi gelap. Di langit dinding goa juga terdapat stalagtit dan stalagnit yang masih hidup meneteskan air. Tapi sayang di bagian dinding terdapat coretan - coretan orang yang tak bertanggung jawab. Gua gadung ini mungkin masih memiliki lorong yang panjang karena di dalam goa masih terdapat timbunan tanah yang tebal.

Stalaktit-stalakmit Goa Gadung Semin
Disekitar gua terdapat batu - batu besar yang dialiri air, tapi hati - hati jika musim hujan batu - batu ini licin. Vegetasi tumbuhan disini juga menarik jika ingin diteliti, karena terdapat banyak jenis tumbuhan alang - alang, tumbuhan paku, anggrek hutan, tanaman rambat yang merambat di lereng batu, pohon - pohon besar, dan terdapat pohon aren yang besar dan sudah berumur tua.

Menurut saya goa gadung adalah tempat untuk melepas kepenatan dan tempat untuk menghirup udara segar. Tempat ini merupakan alam yang indah dan sangat enak untuk dinikmati. Tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk hiking dan memacu adrenalin.

 
Tips yang jangan lupa ketika kesini, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena terletak di pinggir hutan, bawalah senter karena untuk penerangan di dalam goa. Jangan lupa untuk bawa ponsel yang terdapat flashnya dan tongkat selfie, untuk selfie disepanjang perjalanan ke goa. Tapi yang paling utama jangan merusak vegetasi dan obyek disekitar dan didalam goa, dan utamakan keselamatan dimanapun tempatnya. 

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, jangan sungkan untuk mengunjungi postingan kami berikutnya. Terima kasih.


0 Response to "Goa Gadung, Goa Tersembunyi Di Kecamatan Semin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel