-->

Wisata Umbul naga, Wisata Air Di Kecamatan Manyaran

Wisata Umbul Naga adalah Wisata Air yang terletak di Jalan Raya Manyaran - Semin Km 1, Dusun Karang Lor, Desa Karang Lor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Atau lebih tepatnya dari jalan raya manyaran - semin km 1 di timur kantor kecamatan manyaran terdapat pertigaan ambil kearah utara jalan terus terdapat tk di perempatan ambil arah timur lurus terus.

Wisata air umbul naga (umbul = sumber air yang besar)  adalah wisata air yang menyajikan sebuah sumber mata air yang sangat jernih yang membentuk telaga besar / danau yang berada dilereng gunung pada lembah yang datar. Di sekitar telaga induk terdapat telaga - telaga yang dijadikan kolam untuk memelihara ikan seperti lele, nila, ikan mas. Di sini juga terdapat kamar mandi besar sebagai tempat untuk mandi dan mencuci, dan juga sebagai bak penampung air yang akan mengalirkan air kerumah - rumah penduduk melalui pipa besi. Di wisata umbul naga banyak di tumbuhi tumbuhan khas air seperti pakis dan teratai. Terdapat juga pohon - pohon besar seperti pohon asam dan ringin yang sangat besar dan sudah berumur tua yang meneduhi pelataran obyek wisata umbul naga. Terdapat juga patung kepala ular naga bermahkota dan kepala gajah yang bermahkota yang konon cerita zaman dulu ular naga ini berkelahi dengan gajah. Tapi kalau menurut saya sini tempat yang mengandung sejarah dan tempat untuk berwisata. Disini juga terdapat hamparan sawah yang luas milik penduduk yang dialiri irigasi.

Spot view yang berada di wisata umbul naga terdapat kolam renang, kolam pemancingan, dan tempat pembenihan benih ikan. Spot untuk melakukan foto disekitar kolam - kolam ikan. Namun bagi saya disini spot view terbaik adalah dapat menikmati lingkungan yang alami dan asri, ekosistem air yang masih terjaga dan udara sejuk yang membuat tenang dan enak pikiran.

Mata air yang bersih kaya akan mineral yang dihasilkan dari umbul naga digunakan masyarakat dan pengunjung untuk mencuci dan mandi, dialirkan ke rumah - rumah penduduk, irigasi ke sawah - sawah penduduk dan pemanfaatan lainnya. Jika berkunjung ke Obyek wisata tak perlu bingung jika lupa bawa bekal, karena di sekitar jalan masuk terdapat warung - warung yang menjual makanan dan minuman. Tapi tolong ingat ya jangan membuang sampah sembarangan dan merusak alam sekitar.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, jangan sungkan untuk melihat postingan kami berikutnya.

4 Responses to "Wisata Umbul naga, Wisata Air Di Kecamatan Manyaran"

  1. Umbul nogo semakin hebat maju mantap.

    ReplyDelete
  2. Umbul nogo semakin hebat maju mantap.

    ReplyDelete
  3. maaf bisa minta kontak hp nya .pengelola kolam..kebetulan kita melayani pembuatan waterboom, ember tumpah , dll

    ReplyDelete
  4. ini no saya 085201764630 WA 081990847187

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel