-->

Wisata Dam Payaman

Wisata Dam Payaman, terletak di Jalan Raya Semin - Manyaran Km 5 Dusun Klepu (Selatan Puskesmas 2 Semin),  Kelurahan Rejosari, Kecamatan Semin,  Kabupaten Gunung Kidul,  Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Dam Payaman adalah bendungan yang dibuat di aliran sungai oya yang membentang dari dusun klepu hingga dusun payaman. Panjang bendungan   mencapai kurang lebih 15 meter,  tinggi 3 meter,  dengan lebar 2,5 meter. Bendungan ini dibuat dengan susunan adukan dengan menggunakan cor beton dikombinasikan dengan batu      lintang sungai, dan ditengah - tengah bendungan terdapat besi besar yang memanjang sebagai penguat bendungan. Terdapat 2 kanal dan 3 pintu air di bendungan.

Lingkungan sekitar wisata dam payaman terdiri dari bantaran sungai yang ditumbuhi rerumputan,  banyak bambu ori tumbuh besar menjulang tinggi di bantaran sungai. Ada bunga kamboja yang tumbuh besar,  pada saat mengeluarkan bunga akan sangat indah untuk dilihat. Dibawah bendungan terdapat banyak pasir sungai( orang jawa menyebutnya lemi) dab batuan - batuan koral. Ditengah aliran sungai terdapat banyak batu hitam atau lintang. Ekosistem air disini banyak ditemukan ikan putihan,  lele,  kuthuk,  nila, udang, katak hijau, dan ular sawah.

Di bawah bendungan dam payaman banyak digunakan warga sekitar untuk mencuci pakaian,  mandi, berenang, dan mencuci hewan ternak. Untuk yang diatas bendungan sering digunakan untuk memancing ikan, menebar jaring, dan mengaliri sawah. Untuk irigasi aliran air sungai dilewatkan dengan menggunakan saluran galian yang mengalir dari persawahan Desa Rejosari hingga Desa Bendung.

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami,  jangan sungkan untuk melihat postingan kami selanjutnya.

0 Response to "Wisata Dam Payaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel