-->

Banyu Niba, Air Terjun Tersembunyi Di Kepuh Sari

Banyu Niba, adalah wisata alam air terjun yang terletak di perbukitan di Dusun Ngluwur,  Desa Kepuh Sari,  Kecamatan Manyaran,  Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Jika lewat dari Jalan Raya Semin - Manyaran km 5, ambil jalur ke arah balai desa kepuhsari, tinggal ikuti petunjuk / papan arah menuju wisata alam air terjun banyu niba.

Banyu niba (maksud: air yang jatuh dari atas) adalah wisata alam air terjun yang terletak di antara celah perbukitan gunung sewu ( geopark gunung sewu) yang memiliki ketinggian air terjun kurang lebih   sekitar 50 meter. Sumber air terjun banyu niba mengalir membentuk sungai dari lereng gunung panggung. Batuan di lereng banyu niba merupakan batuan cadas keras ( bahasa jawa : batu lintang / batu gudik)  seperti bekas gunung api purba, karena kontur batu mirip yang ada di gunung api purba nglanggeran. Di bawah air terjun terdapat muara air yang digunakan pengunjung untuk berendam dan sekedar membasahi badan. Terdapat juga batu yang sangat besar berdiri kokoh, sangat gagah dan sering digunakan pengunjung berfoto. Percikan air terjun banyu niba jika terkena sinar matahari kadang memantulkan sinar pelangi yang sangat indah. Ekosistem di sini masih terjaga asri dengan tumbuhan paku dan rerumputan khas pegunungan yang tumbuh di lereng - lereng pegunungan dengan satwanya yang akan membuat takjub bagi yang melihatnya. Jika menengok ke arah timur dapat menikmati lereng - lereng batu yang memiliki corak - corak nan indah dan lubang - lubang tempat tinggal burung.

Jarak air terjun banyu niba dengan tempat parkir sekitar 500 meter, cocok sekali dengan yang hobi jalan kaki, karena jalannya melewati pematang sawah di lereng gunung. Jika anda datang kesini pada waktu musim penghujan, sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan hamparan padi yang masih tumbuh belum dipanen. Di sepanjang jalan terdapat selang - selang air yang mengalirkan air ke rumah - rumah penduduk  disekitaran dusun ngluwur. Disini sudah dilengkapi dengan kamar mandi untuk ganti pakaian dan gubuk untuk berteduh atau bersantai. Saat berjalan turun menuju ke air terjun banyu niba di lereng bukit dibuatkan tangga - tangga dan pegangan tangan agar tidak terpleset dan saat berjalan ( pokoknya safety banget deh). Terdapat penjaga yang selalu setiap saat memantau kegiatan pengunjung di wisata. Jika mandi dibawah air terjun yang mengalir terdapat sensasi tersendiri, yang membuat tubuh seperti dipijat. Menurut penduduk air yang mengalir di air terjun banyu niba mengandung belerang, yang berguna untuk mengobati gatal di kulit.

Banyu niba adalah wisata alam yang menurut saya tempat yang indah banget dan tempat untuk menghirup udara segar. Disini merupakan spot untuk foto yang sangat bagus, apa lagi yang suka foto selfie. Tempat terbaik untuk foto berada di bawah air terjun. Tempat ini sangat ramai pengunjung di akhir pekan waktu pagi hari.Tapi, jika anda berkunjung kesini jangan lupa bawa bekal air dan makanan karena disini belum ada warung saat saya berkunjung.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami,  jangan sungkan untuk mengunjungi postingan di blog kami selanjutnya.

0 Response to "Banyu Niba, Air Terjun Tersembunyi Di Kepuh Sari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel